Pendahuluan

Istilah Menemu Baling merupakan akronim dari Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga. Metode Menemu Baling IGI adalah sebuah metode yang digunakan untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) dengan program Sagusatab IGI (Satu Guru Satu Tablet IGI). Metode ini ditemukan oleh Mampuono, Sekjen IGI periode ini.

Menemu atau menulis dengan mulut, berarti mengganti semua aktivitas menulis di keyboard tablet Sagusatab IGI atau gadget kita dengan ucapan. Jadi setiap kata yang kita ucapkan dalam bahasa yang dikenali oleh perangkat akan langsung tertulis pada mesin pencatat saat itu juga. Jadi pengguna aplikasi ini akan bisa menuliskan sejumlah besar teks hanya dalam waktu singkat. Kegiatan ini hampir bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, dan tentu saja sangat menguntungkan bagi hampir semua profesi, terutama yang ada hubungannya dengan kegiatan tulis menulis, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Profesi itu misalnya guru, dosen, wartawan, penulis, notulis, da’i, penceramah agama, mahasiswa, pelajar, dll. Pendeknya dari presiden sampai ibu rumah tangga bisa memberdayakan metode ini.  

Sedangkan Baling atau membaca dengan telinga berarti mengubah teks bacaan ke dalam suara. Aktivitas membaca yang selama ini dilakukan secara manual dengan memberdayakan mata dan beresiko pada menurunnya daya penglihatan kita kini diganti dengan cara digital. Caranya yaitu dengan memfungsikan telinga sebagai pengganti mata. Kita cukup mendengarkan teks yang sudah diubah oleh mesin menjadi suara  dalam bahasa yang kita kenali dengan baik dan bisa kita dengarkan dengan nyaman kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian sehingga aktivitas membaca yang berpotensi menurunkan daya penglihatan kini telah direvolusi secara digital menjadi aktivitas mendengarkan text yang dibacakan oleh mesin yang tentu saja lebih aman untuk mata daripada membaca secara manual.

Dengan mengikuti langkah-langkah mulai dari menu Instal Perangkat sampai Praktik Menemu Baling  pada halaman-halaman berikut dalam aplikasi ini diharapkan setiap pengguna  bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Pengguna menjadi lebih sourceful karena banyak membaca  (dengan telinga) kapanpun dan dimanapun serta lebih banyak ilmu pengetahuan dan best practice yang dishare ke masyatakat Indonesia melalui karya tulis dari berbagai genre atau jenis teks yang dihasilkan. Dengan demikian, pada gilirannya nanti tingkat literasi masyarakat kita menjadi jauh lebih baik karena peran serta signifikan dari para pengguna aplikasi ini.

Mampuono